Buku

Berkat Buku “Muhammad”

Alhamdulillah beberapa minggu yang lalu, buku “Muhammad” saya selesain juga. Akhirnya. Buku ini saya beli di tahun 2012. Sempat baca sampai Perang Badr, namun karena 3 tahun terakhir kehilangan gairah membaca, maka bulan lalu harus memulai dari awal lagi.

Buku karya Martin Lings ini pernah terpilih menjadi “The Best Biography of Muhammad in English” pada National Seerat Conference di Islamabad tahun 1983.

Buku ini ditulis berdasarkan sumber Arab kuno. Melibatkan kitab-kitab klasik dan kutipan beberapa sahabat nabi yang menjadi saksi ucapan dan tindakan nabi.

Diawali dengan cerita Nabi Ibrahim yang begitu menginginkan keturunan. Nabi Ismail yang harus meninggalkan rumah bersama ibunya. Penjabaran keturunan Nabi Ismail hingga berujung pada kaum Quraisy. Kelahiran Nabi Muhammad, pengangkatan beliau sebagai rasul. Hijrah-nya nabi ke Madinah, perang dan penaklukan, dan istri-istri nabi. Dan diakhiri dengan cerita wafatnya nabi dan pengangkatan khalifah pertama, Abu Bakar.

Kisah yang diceritakan adalah kisah-kisah penting. Walau ada beberapa kisah yang tidak diceritakan, menurut teman saya, bagi saya ini sudah lebih dari cukup untuk membuat saya kagum akan sosok Nabi Muhammad.

Tak kenal maka tak percaya

Sebelumnya, saya hanya mendengar kisah Nabi Muhammad dari mulut ke mulut. Baik itu ceramah ataupun dari guru agama. Sekedar percaya begitu saja. Tak heran, pemahaman agama saya pun masih minim.

Dari buku ini, seolah-olah saya tau beliau. Kenal beliau. Saking detailnya cerita buku ini. Saya pun semakin percaya kepada beliau lebih daripada sebelumnya. Logikanya, gimana kita mau percaya kalo tidak kenal. 

Maka berkat buku ini, saya jadi antusias untuk mempelajari lebih jauh ajaran beliau.

Leave a Reply

