Cerita · Industri · Otomotif

Di Balik Murahnya Produk Cina

Pernah gak kepikiran, kenapa Cina bisa membuat produk dengan harga yang murah? Okelah, mungkin semua sependapat kalo kualitaslah yang menentukannya. Tapi gak semua produk Cina berkualitas di bawah rata-rata loh. Artinya mereka bisa cost down tanpa memainkan kualitasnya.

Sebenarnya banyak faktor sih, tapi yang jadi sorotan saya di sini adalah bagaimana Cina menekan biaya transportasinya. Salah satu biaya yang sering kali kurang diperhatikan oleh pelaku industri.

Kata pak dosen, Cina mampu menekan biaya transportasi dengan cara membangun kawasan industri yang saling berdekatan antara suppliers dan customers. Contoh biar mudah, bayangin satu unit mobil deh.

Satu unit mobil terdiri dari ratusan, bahkan ribuan komponen. Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) tidak mungkin bisa memenuhi seluruh komponen tersebut sendirian. Misal merk A, pasti butuh dukungan dari perusahaan lain untuk membuat beberapa komponen body misalnya. Merk A juga pasti membutuhkan dukungan perusahaan yang ahli di bidang plastik untuk membuat model lampu yang rumit dan keren misalnya. Dan masih banyak lagi.

Dari supplier ke customer pasti akan membutuhkan biaya transportasi. Jarak jauh, biaya pun tinggi. Selain itu, tau sendiri di Indonesia kalo mau belok aja butuh receh. Mau nyebrang, butuh receh. Lewat di jalan yang rusak malah dimintain duit 😓. Itu baru yang ilegal, yang legal juga jadi beban biaya tersendiri semisal jalan tol.

Nah dengan China’s way ini, biaya tersebut bisa dihindari. Bahkan bisa lebih dari itu, kata si Bos yang telah puluhan tahun malang melintang di industri, ATPM pun bisa dengan leluasa mengontrol para supplier-nya. Mengontrol bahan baku mereka hingga proses produksi, agar supplier tidak memberikan harga yang berlebih pada ATPM. Dan ini membuat produk tersebut bisa lebih murah.

Terjawab

Awalnya pun saya gak langsung percaya, soalnya belum dapat referensi yang bisa membuktikan ini. Bulan lalu, panggilan interview membuat semuanya jelas.

Tawaran kerja datang dari perusahaan otomotif asal Cina. Perusahaan ini baru membangun pabrik di Indonesia tahun lalu. Mereka memiliki brand mobil sendiri, yang artinya adalah pendatang baru untuk industri otomotif di Indonesia. Dan menurut si interviewer-nya, mobil mereka akan tersedia dan bisa mengaspal tahun depan.

Interview-nya cukup lama, kurang lebih sejam. Maklum saya banyak nanya 😄. Saya pun tak sungkan menanyakan mengenai cara mereka menekan biaya produksi.

“Look at this”, sambil ngegambar denah.

“You and me are right here. This our company. And these, these are our suppliers”, sambil ngegambar beberapa kotak-kotak.

“And do you know, our area is 60 hectares.”

Dan benar banget, setelah browsing saya dapat info kalo 30 hektar untuk pabrik utamanya dan 30 hektar untuk supplier mereka.

“We won’t buy the parts from other company, especially from ***** group. They will give us expensive price. That’s why, I guarantee to you that our cars will be more cheaper than theirs. But our quality is same or can be more than theirs.”

Wow. Ini omongan langsung salah satu petinggi engineer-nya loh. Begitulah cara mereka menekan biaya produksi. Dan info tambahannya, tahun depan bakal ada mobil murah meriah yang layak dipersaingkan di pasar otomotif Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s